Rabu, 30 Januari 2013

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang seringkali digunakan untuk berbagai aktivitas. Yang pertama tentu saja sebagai alat komunikasi, baik komunikasai verbal maupun non verbal, serta sebagai bagian dari pendidikan. Meski begitu, masih banyak saja orang yang kesulitan dalam mempelajari bahasa ini karena berbagai macam alasan.


Pada dasarnya, sama saja ketika Anda mempelajari hal-hal lainnya, semua tidak akan terasa sulit asalkan Anda rutin dan tekun dalam mempelajarinya. "Ala bisa karena biasa", mungkin merupakan peribahasa yang tepat untuk menggambarkan hal tersebut. Coba Anda perhatikan anak kecil yang sedang berkembang, padahal dia tidak diajari secara khusus untuk berbicara, dan seiring berjalannya waktu, dia mulai bisa berbicara  menggunakan bahasa yang digunakan orang-orang di sekitarnya. Saya rasa metode ini juga akan berlaku pada saat kita ingin belajar bahasa inggris.


Berikut ini beberapa tips belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat, yang  langsung bisa Anda aplikasikan dalam learning activity Anda:


1.    Berdo’a
       Memulai sesuatu diawali dengan do’a adalah hal yang luar biasa, walaupun kita hanya ingin belajar bahasa inggris. Kita juga butuh pertolongan Yang Maha Kuasa untuk memudahkan, melancarkan, dan tidak mudah putus asa. Kebanyakan mereka gagal karena sering putus asa dan kurang disiplin. Ini sebagai virus utama dalam motivasi diri kita. Dalam hal ini jelas kita butuh uluran tangan Tuhan agar semua tujuan bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan seperti yang kita targetkan: lebih pintar, banyak ilmu, dan bermanfaat.

2.    Pola Pikir (mind set)
       Mari kita ubah, dari:
~ Tidak bisa      jadi      bisa
~ Sulit              jadi      mudah
~ Benci            jadi      cinta
~ Stres            jadi      hiburan
~ Putus asa      jadi      sabar

Utamakan untuk selalu berpikir positif dan fokus, karena ini akan memudahkan untuk dicintai oleh bahasa Inggris. Untuk menjadi Master English, latihlah motivasi yang ada pada diri kita agar lebih percaya diri bahwa:
                  English is easy
                  English is fun
                  English I can
                  English I do
                  English is my habit
Maka fokus dan disiplin adalah suatu hal positif yang harus tetap dijaga agar tertanam dalam diri kita.

3.    Pengucapan Sederhana / Simpel
       Setelah mencoba latihan kata-kata positif diatas, saya yakin Anda masih merasa belum ada perubahan. Itu sering ditemui dalam kondisi orang-orang yang ingin serba cepat (tidak sabar), kondisi ini akan sangat berpengaruh pada penguasaan materi dalam penambahan kosakata (vocabulary). Untuk mendapatkan kondisi semangat sebagai calon master in English tidaklah mudah, bahkan masih sering ada gangguan pada diri kita, seperti:
~ Malu untuk memulai
~ Bingung harus memlai darimana
~ Takut salah, terlebih jika kesalahannya diketahui orang lain
~ Tidak percaya diri atau cemas, karena masih terbatasnya vocabulary yang dikuasai
~ Takut jika bahasa Inggris kita tidak dipahami oleh native speaker.

Untuk itu, hilangkan dulu rasa ragu-ragu, cemas yang tidak tahu alasannnya, dan terlebih jika takut salah. Saatnya Anda melakukan hal-hal yang konyol, funny, dan penuh percaya diri berlogat English.

4.    Berani Mencoba dan Salah
       Keberanian tidak akan datang begitu saja, apalagi untuk mahir berbahasa Inggris secara aktif bagi pemula, karena bayangan salah dan malu selalu menghantui. Anda harus sadar dan paham bahwa English is communication, communication is habit, and habit is component of culture (bahasa Inggris adalah komunikasi, komunikasi adalah kebiasaan, dan kebiasaan adalah komponen budaya).
Jadi, bahasa Inggris itu hanya dua hal yang harus diperhatikan dan kita ikuti, bahwa komunikasi dengan bahasa Inggris yang penting bisa DIMENGERTI dan SOPAN. Jangan lagi terjebak oleh British English atau American English, malah kalau perlu kita pakai bahasa Inggris-nya Indonesia. Itu tips cepat, mudah, dan menyenangkan untuk menguasai bahasa inggris secara aktif bagi pemula. Maka kita bisa memulai untuk berani mencoba dan belajar dari kesalahan.

Tips yang saya tunjukkan diatas sebenarnya sangat mudah diterapkan, tapi dibutuhkan kemauan yang keras. Memang ada saatnya kita feel down, seringkali karena kita sudah merasa menguasai grammar dan hafal banyak kosakata, eh begitu ketemu ama bule, tetep aja kita gak ngerti sama sekali dia ngomong apa. Jangan khawatir, ini semua normal dan bagian dari learning process yang pastinya dialami semua orang.
So, Let’s speak English..!!!

2 komentar:

mudah2an blog nya jd no 1 di google y wi. ajzkh

Amiin..
Ada tambahan, kritik maupun saran??

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More