Selasa, 29 Januari 2013

Cara Cepat Kuasai Vocabulary

Banyak orang merasa bingung ketika ingin mahir berbahasa Inggris cepat. Darimana harus memulainya? Dan Andapun mulai berpikir dan terus bertanya-tanya apakah harus menguasai grammar terlebih dahulu, conversation, reading, atau writing? Apakah harus menghafal segudang vocabulary dulu baru bisa ngomong English cas cis cus? Tiuuuss, bagaimana ya caranya menguasai vocabulary dengan cepat??

Bahasa Inggris memang sudah lama diajarkan sejak dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, tapi sejauh ini belum menampakkan hasil yang maksimal. Kondisi ini sangat memprihatinkan, dan seolah-olah bahasa Inggris menjadi momok yang mengerikan. Dan salah satu hal yang sangat penting ketika berbicara bahasa Inggris adalah penguasaan vocabulary.

Ya, memang menguasai vocabulary adalah salah satu syarat handal dalam berbahasa inggris, namun tentu saja tidak bisa benar-benar cepat (instan). Karna kebiasaan instan tersebut biasanya malah meng-upset seluruh ingatan kita tentang vocabulary yang telah kita hafal sebelumnya, alias cepat lupa.


Menghafalkan kosakata, atau yang lebih sering kita sebut vocabulary merupakan pekerjaan yang amat sangat mudah, hanya saja butuh beberapa trik untuk optimalisasinya. Menghafalkan vocabulary yang biasa dikerjakan para pembelajar bahasa ingris adalah selalu dengan menghafal konvensional, sehingga mudah lupa dan sulit menghafal. Itulah masalah besar untuk menghafal vocabulary, terutama untuk percakapan.


Hal yang terpenting untuk menghafal vocabulary adalah menghafal dengan praktek, maksudnya dikombinasikan cara menghafal dan praktek. Manfaat metode menghafal dengan praktek tesebut adalah Anda akan selalu ingat, sehingga tidak terasa sudah banyak menghafal dan menguasai vocabulary.


Segala sesuatu harus dimulai dari yang sesederhana mungkin, sekecil-kecilnya, dan semudah mungkin. Sebelum membuat kata-kata menjadi kalimat dan pecakapan yang enak didengar serta mudah dimengerti, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan diri dengan vocabulary yang sebanyak-banyaknya.



Berikut ini CARA CEPAT KUASAI VOCABULARY:

1.    Hafalkan setiap hari minimal 2  sampai 5 kata saja
2.    Baca secara berulang-ulang hingga refleks dan batasai maksimal 5 kata setiap hari
3.    Jangan menginjak pada kata selanjutnya, apalagi pada pembahasan lain sebelum Anda benar-benar mahir dan refleks mengingat kata-kata tersebut.
4.    Fokus, disiplin, dan jangan biarkan rasa bosan menghancurkan impian Master English Anda.
5.    Tulis target pencapaian Anda
6.    Buatlah kalimat positif, negatif, dan introgatif yang dikombinasikan dengan question words.
7.    Buatlah percakapan dengan diri sendiri dan praktikkan di depan kaca dengan penuh percaya diri.
8.    Praktikkan percakapan dengan teman-teman yang mempunyai semangat untuk mejadi Master English.
9.    Buatlah kalimat sebanyak-banyaknya dengan satu kata, lalu praktikkan dengan suara yang keras dan penuh percaya diri.
10.    Lakukan kebiasaan tersebut terus-menerus, jangan bosan ataupun malas, karena pada dasarnya segala sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan istiqomah akan mendapatkan hasil yang luar biasa!!



Oke guys... Itu tadi ulasan bagaimana cara cepat kuasai vocabulary, tentunya dengan metode yang praktis dan mudah dipraktikkan. Semoga bermanfaat dan membantu mewujudkan impian Anda menjadi Master English..!!!

6 komentar:

mudah2an blog nya jd no 1 di google y wi. ajzkh

thanks for your help'''
man jadda wa jadda

thanks banget informasinya
visit juga
Ahmad basuni

betul sekali pak... kadang kita susah dalam memnghafalnya.. bukan karena gak bisa tapi malas. maksih ya karena sudah bergi ilmunya.. saya juga mau berbagi mengenai bagaimana cara menghafal vocabulary bahasa inggris dengan otak kanan.

untuk menghafal vocabulary. sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632
fiturnya bagus. bisa atur alarm pengingat sesuai dengan keinginan sendiri.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More